--> 10 TANAMAN OBAT ASLI INDONESIA YANG BERKHASIAT | SEHAT ALAMIAH

Sehat Alamiah Adalah Sehat Secara Alam


Wednesday, November 27, 2019

10 TANAMAN OBAT ASLI INDONESIA YANG BERKHASIAT

| Wednesday, November 27, 2019


asli Indonesi

Kekaayaan alam Indonesia tak hanya terletak pada kekaayaan mineral saja, tanaman obat khas bumi nusantara juga melimpah. Sejumlah tanaman obat tersebut diyakini mampu menghilangkan sejumlah penyakit tanpa meninggalkan efek samping. 

Berikut 10 Tanaman Berkhasiat Asli Dari Indonesai Adalah:


1. SRIKAYA

Tanaman srikaya mengandung anonain dan retikulin. Daun, akar, dan kulitnya mengandung WN. Akar srikaya berkhasiat sebagai antidepresi dan antiradang. 

Daunnya berkhasiat sebagai peluruh cacing usus, mempercepat pemasakan bisul dan antiradang. Bijinya mampu membunuh serangga dan memacu enzim pencernaan. Kulit kayunya bekhasiat sebagai tonikum dan astringen.


Buah Srikaya


Daunnya berkhasiat sebagai peluruh cacing usus, mempercepat pemasakan bisul dan antiradang. Bijinya mampu membunuh serangga dan memacu enzim pencernaan. Kulit kayunya bekhasiat sebagai tonikum dan astringen.


2. DAUN TEMPUYUNG

Tempuyung bisa mengatasi batu pada saluran kencing, batu empedu, bisul, luka bakar, radang usus buntu, rematik, radang payudara, memar, disentri, darah tinggi, beser mani, dan wasir. 


3. DAUN SELEDRI

Seledri merupakan sayuran hijau yang rendah kalori. Daun seledri mengandung sekitar 16 kalori per 100 gram. Seledri mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin B1, dan zat besi lainnya seperti kalium, mineral, serta zat besi. 


Daun seledri

Daun selederi mujarab untuk mengobati darah tinggi, mencegah pembentukan batu di kantung empedu, menenangkan sistem saraf, mengembalikan nafsu makan yang hilang dan menghindarkan dari kanker perut. 


4. TANAMAN SOSOR BEBEK

Sosor bebek digunakan untuk mengobati sakit panas, melancarkan air seni, batuk, dan sakit kepala.


5. BLIMBING WULUNG

Belimbing wuluh yang dikenal juga dengan sebutan belimbing sayur dalah obat tradisional. Mulai dari buah, batang, daun dan bungannya bisa digunakan sebagai obat gusi berdarah, obat rematik, obat godongan, obat sariawan, obat pegel linu, serta bisa digunakan sebagai obat sakit gigi.


6. DAUN CINCAU

Daun Cincau


Daun cincau pada umunya ada dua jenis yakni yang berwarna hijau dan hitam, keduanya memiliki rasa yang sama-sama lezat dan adem. Manfaat dari tanaman obat yang satu ini adalah sebagai obat demam, obat diabetes militus, radang lambung, dan mengobati sakit types.


7. DAUN SAGA

Ada dua jenis tanaman saga, yaitu saga rambat dan pohon saga, tapi kebanyakan orang menyebut keduanya dengan nama Saga saja. Saga termasuk tanaman gulma. 

Karena dianggap mengganggu, tanaman Saga sering dibabat habis bahkan dibakar sekalian. Meskipun begitu, daun saga rambat biasa dimanfaatkan sebagai obat batuk dan obat anti sariawan.


8. DAUN PATAH TULANG

Daun Patah Tulang merupakan tanaman yang memiliki bentuk ranting tanpa daun ini sering digunakan sebagai tanaman hias di pekarangan.  Tanaman ini digunakan untuk mengobati tulang patah, sakit gigi, kusta, wasir, tumor atau kanker, rematik, sifilis, nyeri saraf, dan juga penyakit kulit. 


9. TEMU LAWAK


Daun Dan Temu Lawak

Bagian Temulawa yang sering dimanfaatkan adalah bagian akar atau sering juga disebut dengan rimpang. Bagian inilah yang sering diolah untuk dijadikan sebagai obat berbagai penyakit seperti gangguan ginjal, melancarkan pencernaan, menyehatkan jantung, dan menjaga kesehatan hati.


10. LIDAH BUAYA

Selain untuk kesehatan rambut, menghilangkan jerawat, dan kecantikan, tanaman ini juga bisa digunakan untuk mengoati berbagai penyakit seperti serangan jantung, diabetes, radang tenggorokan dan sembelit.




SEMOGA MANFAAT...

Related Posts

No comments:

Post a Comment